Penerimaan Mahasiswa

Penerimaan Mahasiswa Baru

Sekolah Tinggi Teologia Sriwijaya setiap tahunnya membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa/i baru:

  • Pendaftaran gelombang I dibuka Januari-Maret setiap tahunnya
  • Pendaftaran gelombang II dibuka April-Juli setiap tahunnya

Yang dapat diterima menjadi mahasiswa STTS adalah:

  1. Lulusan SMA, SMK, yang diakui oleh Departemen Pendidikan Nasional RI.
  2. Mengisi dan mengembalikan Formulir Pendaftaran ke Bagian Administrasi dan Sekretariat STTS sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  3. Formulir Pendaftaran terdiri dari: I. Data Umum Calon Mahasiswa; II. Riwayat Kependidikan dan Kegiatan lainnya; III. Kesaksian tentang Panggilan untuk menjadi hamba Tuhan; IV. Keterangan/Rekomendasi Gereja Pengutus; V. Kelengkapan persyaratan lainnya yang dibutuhkan sebagai kelengkapan administrasi pada STTS Palembang, sebagai berikut:
    • Fotocopy Ijazah SMU      
    • Fotocopy Surat Baptisan Kudus
    • Fotocopy Surat Tanda Sidi
    • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
    • Rekomendasi dari Gereja Pengutus
    • Pas foto berwarna, ukuran: 3 x 4 sebanyak 5 lembar
    • Surat Pernyataan Tidak Pernah menggunakan NARKOBA/NASA
    • Surat Kesehatan dari Dokter
  4. Mengikuti Test Masuk secara tertulis pada bidang studi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Alkitab.
  5. Mengikuti Test Psikotest untuk mengetahui: Kepribadian/Watak (E.Q), Daya Nalar/I.Q, dan Wawancara (untuk mengenal lebih jauh tentang: keterpanggilan Mahasiswa dibentuk menjadi pemimpin Gereja ber’hati’ hamba sesuai dengan Alkitab).
  6. Setiap calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan lulus disebut sebagai Mahasiswa Baru Angkatan Tahun (sesuai dengan tahun masuk) dan berhak serta wajib mengikuti setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku di STTS.
  7. Setiap calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan tidak lulus, diberi kesempatan mengikuti perkuliahan selama 1 tahun (dua semester) sebagai pertimbangan penilaian secara: akademis, attitude (sikap) dan kedisiplinan dalam melakukan setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku di STTS.
  8. Setiap calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan tidak lulus sebagaimana tertuang pada poin sebelumnya, diputuskan:
    • Diterima sebagai Mahasiswa Baru bila calon mahasiswa tersebut dinyatakan mampu secara akademis, attitude dan kedisiplinan.
    • Pernyataan mampu tersebut di atas didasarkan pada keputusan Rapat Dosen
    • Tidak diterima bila calon mahasiswa tersebut dinyatakan tidak mampu secara akademis, attitude dan kedisiplinan.  
    • Pernyataan tidak mampu tersebut di atas didasarkan pada Keputusan Rapat Dosen.

Tatacara penerimaan mahasiswa diatur dalam peraturan tersendiri.

Penerimaan Mahasiswa Pindahan

STTS menerima Mahasiswa Pindahan dari Sekolah Tinggi Teologi yang terakreditasi oleh BAN Perguruan Tinggi dan dari Perguruan Tinggi Teologi lain, didasarkan pada pertimbangan berikut:

  1. Penerimaan Mahasiswa Pindahan dilaksanakan menjelang tahun akademik baru
  2. Syarat-syarat Administratif:
    1. Mengisi dan mengembalikan Formulir Mahasiswa Pindahan kepada Bagian Administrasi dan Sekretariat  STTS, yang disediakan oleh STTS, dengan melampirkan:
      • Surat Keterangan Pindah dari Sekolah Tinggi Teologi dan atau Perguruan Tinggi Teologi asal calon
      • Surat Rekomendasi dari Gereja Pengutus, dan didalamnya mengemukakan alasan kepindahan calon mahasiswa yang bersangkutan
      • Ijazah SMA, atau SMK, dan Transkrip Akademik dari Perguruan Tinggi asal calon
      • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter
      • Surat Pernyataan Tidak Pernah menggunakan NARKOBA/NASA
      • Pas Foto Berwarna: 3 x 4 : 5 lembar
    2. Membayar Uang pendaftaran menurut ketentuan yang berlaku di STTS
    3. Membayar SPP dan Uang Pembangunan menurut ketentuan yang berlaku di STTS setelah calon Mahasiswa Pindahan dinyatakan lulus/diterima.
    4. Mengikuti kegiatan OSMB bersama para mahasiswa baru.
  3. Syarat-syarat Akademik:
    1. Calon Mahasiswa sudah harus menyelesaikan studi minimal empat semester (80-84 SKS) dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal: 2,50.
    2. Calon Mahasiswa harus menempuh Test Masuk Tertulis, berupa: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Alkitab.
    3. Dalam rangka transfer nilai, yang dapat ditransfer adalah nilai C+ ke atas.

Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru dapat diunduh pada link ini