Author Guidelines

SUBSTANSI ARTIKEL

  • Orisinal
  • Bermanfaat bagi kemajuan ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
  • Dapat memicu dilakukannya penelitian-penelitian atau pengembangan pemikiran lanjutan
  • Lebih banyak mengacu pada pustaka acuan primer yaitu artikel di jurnal ilmiah, prosiding, disertasi, tesis, monograf, buku dan lain-lain yang merupakan hasil penelitian langsung. Dari semua acuan ini, sebaiknya porsi acuan pada jurnal ilmiah sebesar 80%.
  • Pustaka acuan yang digunakan adalah terbitan 10 tahun terakhir
  • Memiliki ketajaman analisis dan sintesis yang kritis
  • Kesimpulan  terpumpun pada temuan baru yang dituangkan secara akurat dan mendalam

 

CARA MEMBUAT KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA

Penulis wajib menggunakan APA (American Psychological Association) di Mendeley Reference sebagai standar penulisan untuk Jurnal Mitra Sriwijaya. Penulis wajib menggunakan aplikasi Mendeley, bukan mengetik secara manual.

 

FORMAT PENULISAN ARTIKEL

Penulisan artikel Mitra Sriwijaya wajib menggunakan format  sebagai berikut:

Format Kertas dan Jumlah Halaman. Artikel ditulis dengan format 1 kolom, menggunakan huruf Arial, ukuran 12, spasi 1.5 di kertas A4, dengan margin kiri 3 cm, kanan 2 cm, atas 2 cm, dan bawah 2 cm. Kalimat pertama sebuah paragraf menjorok ke dalam 1,27cm (0,5 ").

Judul. Judul dalam bahasa Indonesia, dirumuskan dengan singkat dan jelas, tidak lebih dari 40 karakter, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 14, bold, 1 spasi, margin tengah, awal kata huruf kapital dan kurang dari 12 kata.

Nama dan Lembaga Penulis. Nama penulis semua tanpa gelar, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 12, boldrata tengah. Nama lembaga ditulis pada baris kedua , ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10, rata tengah.  Alamat email penulis ditulis pada baris ketiga. Jika ada penulis kedua dan seterusnya, penulisan identitas sama dengan penulis pertama.

Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan huruf Arial, ukuran 10, 1 spasi. Panjang abstrak maksimum dari 250 kata. Abstrak berisi tujuan, metode dan hasil penelitian. Untuk abstrak dalam bahasa inggris ditulis italic.

Kata Kunci. Kata kunci ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10, dibawah naskah abstrak. Tulisan “kata kunci” dicetak bold

Pendahuluan. Pendahuluan memuat latar belakang permasalahan yang didukung oleh konsep, teori dan hasil-hasil penelitian dari sumber-sumber pustaka yang relevan dan mutakhir. Di akhir pendahuluan disebutkan tujuan penulisan artikel atau penelitian secara jelas.

Metode. Metode berisi jenis metode atau jenis pendekatan yang digunakan, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data.

Hasil. Hasil berisi jawaban dari permasalahan penelitian secara kuantitatif dan/atau kualitatif secara jelas, tepat dan lengkap yang dapat menggunakan informasi dalam bentuk gambar/grafik/tabel/uraian secara aktual.

Pembahasan. Pembahasan berisi ringkasan hasil penelitiannya, keterkaitan dengan konsep atau teori dan hasil penelitian lain yang relevan, interpretasi temuan, keterbatasan penelitian, serta  implikasinya terhadap perkembangan konsep atau keilmuan.

Kesimpulan. Kesimpulan berisi rangkuman jawaban atas permasalahan penelitian yang merupakan sumbangan terhadap perkembangan keilmuan.

Daftar Pustaka. Daftar pustaka berisi rujukan yang digunakan hanya dalam penulisan artikel dan penulisannya menggunakan gaya penulisan APA ((American Psychological Association).

 

CARA MENULIS KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA 

Kutipan dan daftar pustaka menggunakan gaya APA (American Psychological Association) di Mendeley Reference sebagai standar penulisan artikel. Penulis wajib menggunakan aplikasi ini, bukan mengetik secara manual.